BERKAS – BERKAS YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN

  • Home / Tips / BERKAS – BERKAS…

BERKAS – BERKAS YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN

BERKAS – BERKAS YANG HARUS KALIAN SIAPKAN SEBELUM MELAMAR PEKERJAAN

 

BERKAS - BERKAS YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK MELAMAR PEKERJAAN

Untuk melamar sebuah pekerjaan pastinya kalian harus mempersiapkan surat-surat atau berkas yang nantinya kalian gunakan untuk melamar pekerjaan tersebut baik itu walk in interview, datang langsung/mengirimkan surat tersebut ke perusahaan dan melamar pekerjaan via email.

 

CariJobs.ID – Disini saya akan berbagi pengalaman dalam melamar sebuah pekerjaan dan spesifik dalam berkas – berkas untuk melamar sebuah lowongan kerja, pada umumnya berkas –  berkas yang diminta adalah : Surat lamaran lengkap dengan CV terbaru beserta dengan Foto berwarna, ada juga HRD atau perusahaan yang hanya memerlukan CV terbaru saja untuk melamar pekerjaan yang mereka buka, namun banyak juga perusahaan atau HRD yang menginginkan berkas – berkas yang lengkap seperti yang akan saya bahas dibawah.

Untuk mendapatkan informasi tentang lowongan kerja terbaru dari seluruh wilayah di indonesai silahkan subscribe halaman inii dan jangan lupa untuk mengikuti halaman sosial media CariJobs.ID di Instagram dan Facebook

 

Berikut daftar surat/berkas yang harus kalian siapkan :

SURAT-SURAT/BERKAS yang diperlukan :

  • Surat Lamaran.

    Surat lamaran ini harus dibuat dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuain dengan EYD dan menggunakan bahasa yang formal, jangan mengunakan bahasa Indonesia seperti yang anda gunakan sehari – hari seperti menggunakan elo elo guweh guweh pasti langsung akan di tolak mentah – mentah lamaran anda.

 

  • CV/ Daftar Riwayat Hidup.

    Dibuat semenarik mungkin, jelas dan mengambarkan diri anda yang sebenarnya lampirkan pula kemampuan, keahlian dan pengalaman anda dalam CV tersebut, semakin banyak keahlian dan pengalaman anda semakin besar pula peluang anda untuk diterima. Untuk desain template CV kalian bisa download disini secara gratis.

 

  • Kartu Kuning / AK 1.

    Untuk yang satu ini memang jarang diminta oleh HRD atau perusahaan penyedia lowongan kerja tapi tidak sedikit pula yang meminta untuk menyertakannya.

 

  • Foto Copy Ijazah.

    Harus yang sudah dilegalisirya kalo belum di legalisir mending dilegalisir dulu takutnya nanti di kira palsu, editan dan sebagainya oleh HRD nya.

 

  • Foto Copy Transkrip Nilai.

    Foto Copy Transkrip Nilai ini juga seperti Foto Copy Ijazah harus yang sudah dilegalisirya kalo belum di legalisir mending dilegalisir dulu takutnya nanti di kira palsu, editan dan sebagainya oleh HRD nya.

 

  • Foto Copy KK.

    Untuk yang satu ini pastikan menggunkanan Kartu Keluarga (KK) kamu ya!. Jangan menggunakan KK teman apalagi tetangga, dan pastika nama anda tertera di dalam Kartu Keluarga anda, barang kali anda sudah di corat dari Kartu Keluarga oleh Orang Tua kalian.

 

  • Foto Copy KTP.

    Pastikan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera di KTP kamu sama dengan NIK yang ada di Kartu Keluarga (KK) kamu, jika berbeda silahkan untuk diurus dulu di Dinas Pencatatan Sipil setempat.

 

  • Foto Copy Akta Lahir.

    Berkas ini jarang diminta untuk melamar via email/online tetapi untuk mengirimkan berkas langsung ke kantor langsung terkadang ditanyakan. Ingat menggunakan Akta lahir kamu sendiriya jangan menggunakan Akta lahir teman kamu atau tetangga.

 

  • Foto Copy SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

    Untuk surat yang satu ini di cari di kantor kepolisian setempat, dulu bernama Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB), bagi yang belum punya silahkan cari terlebih dahulu karena surat ini sering ditanyakan ketika interview jika sudah memilikinya silahkan dicek kembali masa berlakunya.

 

  • Foto Copy Surat keterangan Sehat.

    Pastinya Keterangan Sehat ini berasal dan dibuat oleh Dokter, Klinik atau Rumah Sakit.

  • Pas Foto.

    Biasanya berukuran 3×4 atau 4×6 berwarna atau hitam putih, sesuai dengan yang diminta oleh penyedia lowongan kerja.

  • Sertifikat / Surat Pengalaman Kerja.

    Lampiran ini dilampirkan jika ada kamu memilikinya lampirkan saja, semakin banyak Sertifikat dan Surat Pengalaman Kerja yang kamu miliki semakin besar pula peluang kamu di termia dan juga semakin besar pula penawaran gaji yan bisa kamu dapatkan.

 

 

JANGAN LUPA UNTUK MEMBERIKAN NAMA SERTA JABAATAN YANG DI INGGINKAN PADA AMPLOP (Biasanya di kanan atas)

Untuk melamar pekerjaan melalui / via Email pada dasarnya berkas – berkas yang perlu anda siapkan sebelum melamar sebuah lowongan kerja sama dengan berkas –  berkas yang digunakan utuk melamar pekerjaan langsung walk in interview ataupun secara ofline yang membedakan hanya formatnya, biasanya ber format MS. Word / PDF untuk surat lamaran dan CV nya sedangkan untuk lampirannya berbentuk soft file seperti file scan, untuk lebih jelasnya seperti dibawah ini :

  • Surat Lamaran (Format Word/PDF)
  • CV/ Daftar Riwayat Hidup (Format Word/PDF sesuai dengan permintaan penyedia lowongan pekerjaan dan dibuat semenarik mungkin, jelas dan mengambarkan diri anda yang sebenarnya, harap perlu dicermati dalam membaca sebuah lowongan kerja karena sering ada keterangan ukuran maksimal yang diterima biasanya berkisar 2-3 Mb)
  • Kartu Kuning / AK 1 (Scan)
  • Scan Ijazah (Scan)
  • Transkrip Nilai (Scan)
  • Surat KK / Kartu Keluarga (Scan)
  • KTP (Scan)
  • Akta Lahir (Scan)
  • SKCK (Scan)
  • Surat keterangan Sehat (Scan)
  • Pas Foto (File PNG/JPG)
  • Sertifikat / Surat Pengalaman Kerja (Scan)

 

Untuk melamar pekerjaan via email semua berkas tersebut dimasukan dalam satu folder diberi nama sama dengan format subject yang diminta oleh perusahan jika perusahaan tidak memberikan format subject untuk melamar via email saya sarankan anda tetap memberikan subject dengan format seperti :

(NAMA_PENDIDIKAN TERAKHIR_KODE JABATAN YANG DI INGINKAN)
CONTOH : (BUDI DINAMO_S1 TEKNIK INDUSTRI_HRD)
(POSISI_NAMA LENGKAP)

Atau bisa dengan subject yang sering digunakan oleh perusahaan yang pernah anda masuki.